Jumat, 05 Juli 2019

Pulau padar: impian yang jadi kenyataan


Pulau padar merupakan destinasi ikonis Taman Nasional Pulau Komodo. Berasal dari kata pa'adar dari bahasa suku bajo yang artinya melintang. Bisa dilihat dari bentuk pulaunya itu melintang dari satu titik ke titik lain. View dari ketinggian padar menjadi salah satu yang harus diburu oleh wisatawan.

Jam 7 kapal sudah berlayar menuju pulau padar. Tadinya mau berburu sunrise tapi karena kita kecapean jadi mundur jam 9 baru sampai Padar. Naik ke bukit Padar butuh waktu beberapa menit bergantung kecepatan dan kemampuan masing-masing apalagi kalau banyak foto, mandangin sekitar dan istirahat. Pulau padar tidak berpenghuni tapi sudah dikelola jadi disediakan anak tangga untuk naik ke puncaknya. Cape disini kebayar dengan pemandangan kanan-kiri sama belakang. Bisa tahu tentang Labuan bajo itu berawal dari liat view padar yang berseliweran di internet.

Aku dan indri jalan berbarengan. Sesekali istirahat, foto dan minum. Ditengah perjalanan trecking ketemu bang jun yang kasih semangat buat kita. Padahal baru kenal di bandara udah kaya kenal lama aja dan guide-guide yang lain pun ramah. Mungkin karena kita warga lokal kali ya. Sampai di atas di titik spot foto yang udah terkenal aku dan indri duduk bentar.

Asli bagus banget. Haru pengen nangis😩 finally bisa datang kesini. Impian lama yang sering aku jaga. Aku selalu bilang ke orang-orang kalau pengen kesini. Sampai ada wallpaper kantor view padar suka ngomong sendiri next aku kesana. Atau kalender view padar juga terus bilang next kesana. Huaaa pokoknya gak bisa diungkapkan dengan kata. 

Just say  "alhamdulillah, terima kasih ya Allah" 

haruuu.. mungkin setengah jam lebih kita  di atas padahal matahari cukup terik. Saking lamanya kita diatas bang ali sampai ngomandoin buat turun 😂

Setelah cukup puas liat sanan-sini dibukit padar kamipun turun dengan hati bahagia. Betah gak inget pulang😂 next perjalanan lanjut ke long pink beach buat snorkling. View pulau-pulau di kawasan Taman Nasional Pulau Komodo itu emang juara dan manjain mata. Perjalanan berjam-jam gak akan bosen dengan view disekitaran. Ditambah cuaca selalu bagus, mendukung dan perairannya tenang.

"kereeen" ucapku pada indri setelah kita sampai di dekat Pulau long pink beach.
Pulau long pink beach merupakan pulau tak berpenghuni yang sangat panjang mempunyai pasir putih halus yang terkontaminasi oleh serpihann koral berwarna merah yang menyembabkan pasirnya terlihatbberwarna pink. Asli lebih keren dari yang diceritain. Dari kejauhan sangat cantik dipadukan dengan air laut yang bening seperti kristal berwarna biru.
Aku gak bisa cerita biota nya karena gak explore menyeluruh. Tetapi lihat sekilas terumbu karang masih baik dan banyak ikan-ikan kecil. Di salah satu spot ada ikan pari manta. Diwaktu-waktu tertentu manta bisa ditemukan dengan cara menyelam pada arus tenang. Waktu itu beberapa teman tidak berhasil melihat manta. Next aku juga pengen bisa menyelam lihat manta.

Saat di long pink beach aku snorkling dan di ajarkan bang ali untuk lepas pelampung. Sejujurnya gak bisa berenang dan emang gak perna mau berusaha buat bisa berenang. Tapi waktu itu jadi pengen coba. Setelah lepas pelampung ternyata asyik dan masih pegangan ama bang ali sih😂 keliling-keliling dipertengahan akunya panik dan hampir tenggelam😅 untungnya bang ali sigap nolongin dan kamipun diajarin nyelam ke dasar oleh bangbali. Seru bisa ke dasar walau beberapa menit😂 next semakin pengen bisa renang. Terima kasih bang ali guide andalan, humble dan baik.

Puas berenang, lari-lari, pandangin semuanya dan foto-foto. Perjalanan kami lanjut ke Pulau Komodo. Perjalanannya cukup lama sampai bisa bobo. Emang arusnya tenang, anginnya sepoi-sepoi dan siang hari pula. Semuanya mendukung untuk istirahatin badan dan mata.

Jam lima sore sampai di Pulau Komodo. Awal masuk dermaga langsung disambut oleh satu komodo berukuran sedang. Jangan dekat-dekat dengan komodonya karena berbahaya. Bahkan air liurnya pun mengandung racun yang mematikan mangsanya. Selanjutnya trecking ke bukit barangkali ketemu komodo lebih banyak. Waktu itu komodo lagi musim kawin jadi gak banyak ditemuin. Gak banyak yang kita lakuin disini selain karena sudah sore dan lelah. Untuk jalan-jalan ke pulau komodo kita bakal ditemenin ranger disini. Kalau pengen tahu lebih banyak tentang pulau komodo bisa tinggal dibasecamp sambil explore pulaunya. Setelah puas berkunjung ke Pulau Komodo kami menutup hari dengan perjalanan menuju pulau padat penduduk untuk isi air ke kapal sambil di temani senja yang masih saja cantik dan menawan.
Sekian😊

Tidak ada komentar: